DISRIBUSI BANTUAN PANGAN PEMERINTAH DI KECAMATAN BAYAN

By DINPPKP 24 Mei 2023, 07:51:03 WIB Penyuluhan
DISRIBUSI BANTUAN PANGAN PEMERINTAH DI KECAMATAN BAYAN

DISRIBUSI BANTUAN PANGAN PEMERINTAH DI KECAMATAN BAYAN

Pemberian Bantuan Pangan Pemerintah berupa Daging Ayam dan Telur Ayam pada Keluarga Resiko Stunting (KRS) di Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 11 Mei 2023. Tujuan pemberian bantuan pangan ini untuk menurunkan angka stunting bagi keluarga yang beresiko stunting.

 Sebelum dilaksanakan distribusi, telah dilakukan verifikasi dan validasi data terhadap keluarga penerima manfaat yaitu keluarga resiko stunting. Salah satu kriterianya terdapat anggota keluarga  umur bawah dua tahun (Baduta) dan bawah lima tahun (Balita).Terdapat 303 KRS dari 26 desa dan kelurahan di kecamatan Bayan yang telah divalidasi dan mendapatkan undangan  untuk bantuan pangan pemerintah.

Bagi303 KRS dilakukan distribusi dengan 3 (tiga) titik bagi yaitu di Aula Kecamatan Bayan sejumlah 173 KRS, di Balai Desa Grantung sejumlah 60 KRS dan di  Balai Desa Krandegan jumlah 70 KRS. Di Aula Kecamatan Bayan diperuntukkan 173 KRS yang berasal dari desa Bayan, Besole, Bringin, Jrakah, Pekutan, Pucangagung dan Sambeng. Di Balai desa Grantung diperuntukka 60 KRS yang berasal dari desa Botodaleman, Botorejo, Dewi, Dukuhrejo, Grantung dan Kalimiru. Di Balai desa Krandegan diperuntukan 70 KRS yang berasal dari desa Bandungkidul, Bandungrejo, Banjarejo, Jatingarang, Ketiwijayan, Krandegan, Pogungjurutengah, Pogungkalangan, Pogungrejo, Tangkisan dan Tanjungrejo.

Pihak yang berperan pada distribusi pangan di Kecamatan Bayan yaituCamat Bayan, PT Pos Kecamatan Bayan, Dinsosdaldukkb Kabupaten Purworejo, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Purworejo, BPP Kecamatan Bayan, PLKB Kecamatan Bayan, TPK (Tim Pendamping Keluarga).

Pada waktu dropping bantuan pangan dilakukan pemeriksaan kelayakan barang, Hasil pemeriksaan daging ayam beku  kondisi baik, tidak ada indikasi ayam busuk/ rusak, belum melewati batas kedaluwarsa. Hasil pemeriksaan telur ayam kondisi telur baik, tidak berjamur, tidak pecah dan tidak mengeluarkan bau busuk.

Kendala yang dihadapi pada saat dropping adalah keterlambatan datangnya barang yang diantar oleh transporter PT Pos, sehingga KRS cukup lama waktu menunggudistribusi. Ketelambatan yang terjadi hampir tiga jam. Keterlambatan ini terjadi karena keterlambatan datangya barang dari supplier barang terutama daging ayam beku.

Secara teknis Petugas PT Pos Kecamatan Bayan melakukan scanning pada barcode yang tertera pada undangan KRS dan KRS menunjukkan KTP, selanjutnya diserahkan bantuan pangan berupa satu ekor ayam dalam bentuk karkas beku, 10 butir telur ayam dan satu goddiebag. Dari 303 bantuan telah tersalurkan bantuan 284 paket bagi KRS tersisa 19paket bantuan pangan bagi KRS. Distribusi bantuan bagi 19 KRS yang belum mengambil, dilanjutkan pada hari berikutnya. Penyimpanan daging ayam di freezer untuk menghindari kerusakan daging ayam.

Dari distribusi bantuan pangan pemerintah tahap pertama ini ada beberapa kendala yangdihadapi dan dilaporkan kepada pihak transporter agar pada tahap kedua distribusi dapat dilaksanakan sesuai jadwal.

(Pengirim: Nursilahturahmi, S.P, PPL Kecamatan Bayan)

 

 




Instagram



Counter Pengunjung